1.735 Dapat Jatah Mahasiswa Miskin

beasiswa_miskin

Kementerian Agama tahun ini akan kembali menggelontorkan bantuan beasiswa melalui Program Bantuan Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS). Bantuan pendidikan ini dimaksudkan untuk membantu biaya pendidikan berupa beasiswa kepada mahasiswa yang mengalami kendala secara ekonomi, serta untuk menjaga keberlangsungan pendidikan mahasiswa agar tidak putus kuliah. Di sisi lain, hal ini diarahkan untuk memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya pendidikan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mahasiswa dalam rangka pengembangan peran sosial calon intelektual pada masyarakat global.

Dari 5.500 quota untuk seluruh mahasiswa PTAIS secara nasional, Kopertais Wilayah IV mendapatkan jatah 1.735 mahasiswa. Untuk bisa berkompetisi mendapatkan bantuan beasiswa tersebut, mahasiswa diharuskan menyetorkan fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Jika tidak memiliki, maka harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya. Surat tersebut dikeluarkan oleh kepala desa atau instansi tempat orang tuanya bekerja. Persyaratan lainnya yakni mahasiswa bersangkutan tercatat minimal Mahasiswa semester II dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,7 (dua koma tujuh). Selanjutnya, masing-masing PTAIS mengirimkan daftar nama calon penerima beasiswa miskin secara kolektif (hard copy dan soft copy) ke Kopertais Wilayah IV sesuai quota di masing-masing PTAIS.
Menanggapi hal ini, Mukhammad Zamzami, Kepala Pusat Akdemik dan Kemahasiswaan Kopertais Wilayah IV menegaskan bahwa Kopertais telah menetapkan quota calon penerima beasiswa miskin di tiap-tiap PTAIS berdasarkan prosentase jumlah mahasiswa yang memiliki Nomor Induk Registrasi Mahasiswa (NIRM). ”Dengan perhitungan secara merata untuk 156 PTAIS di lingkungan Kopertais Wilayah IV, tiap PTAIS mendapatkan quota 14% dari jumlah mahasiswa yang ada.  Mahasiswa yang dapat diajukan adalah untuk angkatan 2010 s/d 2013, atau semester 2 sampai dengan semester 8”, tambahnya.
Informasi terkait prosedur dan persyaratan pengajuan Program Bantuan Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin PTAIS ini sendiri sebenarnya sudah dipublish cukup lama melalui website www.kemenag.go.id., namun sepertinya belum banyak PTAIS yang merepons. Terkait hal ini, Muhammad Kholil, Bagian IT Kopertais Wilayah IV manandaskan bahwa  informasi tentang ketentuan beasiswa miskin juga sudah dikirim ke email PTAIS, termasuk pembagian password dan user  name untuk tiap PTAIS. “Kami sudah menyebarkan informasi tersebut melalui email masing-masih PTAI sejak 18 Juli lalu. Mudah-mudahan PTAIS rajin membuka email masing-masing”, imbuhnya sambil tersenyum. [MNH]

http://www.kopertais4.or.id/31-berita/latest-news/355-1-735-mahasiswa-ptais-kopertais-iv-dapat-jatah-beasiswa-miskin.html

21 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat