PEMBEKALAN PPL 2014 TAHAP I dan II

Minggu, (7-9-2014) Pembekalan tahap I dan II sudah dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus dan 7 September 2014 di ruang kelas STAI Al-Qolam Gondanglegi Malang. Selain dihadiri oleh Panitia, pemateri pembekalan, juga didatangi oleh Pimpinan.

Dalam sambutannya mewakili Ketua STAI Al-Qolam, Bapak Saifuddin Zuhri, M.PdI mengungkapkan bahwa peserta PPL yang akan berangkat merupakan duta-duta STAI Al-Qolam di masing-masing lokasi praktik. “Oleh kerena itu,” lanjut Pak Saifuddin, “Anda semua harus dapat mewarnai lembaga-lembaga lain dengan misi STAI Al-Qolam. Apa yang didapat, diserap dan dipelajari di perguruan ini harap dibawa dan ditularkan kepada semua pihak di lokasi praktik. Metode dan strategi pembelajaran harus benar-benar diperhatikan serta dilaksanakan secara maksimal. Sehingga dengan demikian, pihak lembaga praktikan melihat dan menyaksikan secara nyata bahwa mahasiswa STAI Al-Qolam memang betul-betul menguasai cara mengajar yang sesuai dengan teori-teori yang berlaku.”

Selanjutnya dosen yang mengampu matakuliah bidang pendidikan itu mengungkapkan, ”penguasaan materi dan metode pembelajaran bagi seorang guru belum cukup. Sebab status guru merupakan infestasi jangka panjang yang harus menanamkan karakter, watak dan akhlak kepada peserta. Oleh sebab itu, disamping materi dan metode harus dikuasai, perilaku seorang pendidik juga wajib mencerminkan kelakuan yang islami.”

Sementara itu, Bapak Muhammad Madarik, MA, dalam sambutannya sebagai Ketua Palaksana, menyatakan, “pelaksanaan PPL 2014 ini lebih istimewa dibandingkan penyelenggaraan PPL tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini kegiatan bimbingan belajar (bimbel) atau penelitian studi kasus ditiadakan, tidak seperti masa-masa silam. Sebab itu, para peserta dapat lebih fokus kepada pengajaran secara sempurna dengan mempraktikkan metode pembelajaran dan melaksanakan perangkat secara komprehensip.”

Sedangkan pembekahap tahap II diisi dengan evaluasi hasil survey para peserta PPL ke lokasi masing-masing. Jangka waktu antara pembekalan tahap I dan tahap II yang disediakan oleh panitia diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk menemukan Guru Pamong dan perangkat yang diperlukan. Menurut Bapak Saifuddin Zuhri, selaku pihak yang diberi tugas mengecek hasil survey, rata-rata para peserta telah membawa apa yang diarahkan oleh panitia. “Memang ada sebagian anak PPL itu yang belum mempunyai perangkat. Tetapi hal itu dapat dimaklumi, karena disebabkan oleh teknis dilapangan.”

Pada pembekalan tahap II ini para peserta sudah melakukan konsolidasi dan konsultasi dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) untuk mengatur waktu dan teknis pemberangkatan.

28 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat