IAI Al-Qolam Fokus Riset Pesantren

~ Berita dari Radar Malang (Kamis, 9 Juli 2015)

Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Gondanglegi semakin getol untuk melakukan riset berbasis pesantren. Karena selama ini riset terhadap pesantren dinilai masih kurang total. Padahal, model pendidikan ala pesantren terbukti sangat bagus dalam mengembangkan pendidikan Islam.

Humas IAI Al-Qolam Ahmad Atok Lukman Hakim mengatakan, pesantren merupakan tradisi besar, karena model pendidikan ini menyambung hingga ke Nabi Muhammad. Kemudian Islam yang berhasil masuk ke Indonesia (Nusantara) dengan baik karena mengajarkan pendidikan model pesantren yang dibawa oleh Wali Songo. “Sistem pendidikan pesantren itu terbukti sangat bagus. Bahkan dulu Belanda saja takut,” katanya.

Kenapa demikian? Karena para santri lebih taat kepada kiai dan para ustad daripada kepada pemerintah (Belanda). Apa pun kata sang kiai, maka itulah yang akan mereka laksanakan. kondisi yang semacam ini tentu membuat pemerintah Hindia Belanda tidak nyaman.

Dikatakan Atok, salah satu bukti bagusnya sistem pesantren kini telah diakui oleh sejumlah perguruan tinggi dan pengelola pendidikan umum. (lid/c2)

15 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat