IAI Al-Qolam Berpartisipasi dalam Sarasehan Input Data PD DIKTI di Pacitan

Pacitan—Tim Operator Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI) Cluster Matraman kembali mengadakan pelatihan input data yang dikemas dalam format sarasehan bertajuk “Menuju Perguruan Tinggi yang Sehat dan Aktif”. Kali ini, sarasehan ini diadakan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Pacitan pada 28 September 2015.

Kegiatan ini melanjutkan tujuan dibentuknya cluster tim operator seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Wilayah IV Jawa Timur. Ketua Tim Operator PDPT Cluster Matraman, Ahmad Budiyono, S.Pd.I. (Urwatul Wutsqo, Jombang), menegaskan hal itu dalam sambutannya. “Sarasehan ini bertujuan agar bisa menjadi sarana silaturahim dan berbagi antar sesama tim operator PTKIS,” tuturnya. “Adanya interaksi yang intens antar tim operator semacam ini akan meningkatkan mutu perguruan tinggi.”

Ahmad Budiyono juga menyebutkan langkah inovatif yang telah dilakukan oleh tim operator PTKIS cluster Matraman. Di antara langkah-langkah itu adalah membagi wilayah Matraman menjadi sub-wilayah dengan koordinator masing-masing. Kelima kelompok itu adalah: (1) Jombang-Nganjuk, (2) Madiun-Ngawi-Magetan, (3) Trenggalek-Kediri-Blitar-Tulungagung, (4) Malang, (5) Ponorogo-Pacitan. Untuk wilayah Matraman 5, koordinatornya adalah ibu Ely Triastuti. “Jadi, setiap informasi mengenai PDPT, Emis dan Simkopta di wilayah ini dikuasai oleh Ibu Ely,” imbuhnya.

Selaku tuan rumah, Ketua STIT Muhammadiyah Pacitan, Drs. H. Akhmad Munib, M.Si., menyambut baik kegiatan ini dilaksanakan di perguruan tingginya. Akhmad Munib berharap banyak, kegiatan semacam ini akan membawa dampak yang baik untuk perguruan tinggi yang sedang dipimpinnya itu. “Beberapa inovasi-inovasi telah kami lakukan untuk pengembangan kampus kami sejak 2010 kemarin, sebagai hasil dari refleksi akan kebutuhan perguruan tinggi dalam menghadapi perkembangan jaman. Nah, saya yakin acara ini akan sinambung dengan upaya pengembangan internal kami,” katanya dalam sambutan pembukaan.

Kegiatan Sarasehan ini diisi dengan 2 sesi pelatihan. Dihadiri oleh sejumlah tim operator kampus anggota Cluster Matraman 5, pemateri pelatihan diampu oleh Bapak Ahmad Budiono sendiri dengan didampingi oleh Bapak Muhammad Hasyim M.Pd.I. (IAI Al-Qolam, Malang).

Muhammad Hasyim, selaku salah seorang tim ahli dari IAI Al-Qolam Malang, melihat prospek meyakinkan dari kegiatan semacam ini. “Saya sudah menghadiri kegiatan semacam ini di beberapa tempat, “ tuturnya. “Saya yakin, jika terlaksana secara massif, (kegiatan semacam) ini akan mendongkrak perkembangan dan kemajuan PTKIS di Jawa Timur.”[]

9 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat