Etika Mahasiswa Berkomunikasi / Mengirim Pesan Yang Baik Kepada Dosen

  1. PAHAMI KARAKTERISTIK DOSEN

Pahamilah karakteristik  dan kesibukan dosen yang beragam

  1. WAKTU PENGIRIMAN PESAN

Perhatikan waktu pengiriman pesan

Pilihlah waktu pada hari dan jam kerja paling lambat pukul 20.00 WIB

  1. BAHASA BAIK DAN BENAR

Gunakan Bahasa yang santun, formal, sederhana (bukan bahasa gaul/alay) dan gunakanlah ejaan yang tepat.

Hindarilah menyingkat kata, contoh: Ass, otw, gpl,mt pg…

  1. DIMULAI DENGAN SALAM DAN SAPAAN

Awalilah dengan mengucapkan salam dan sapa

Contoh:     Assalamualaikum…

Selamat pagi/selamat siang/selamat sore….

  1. TULISKANLAH IDENTITAS ANDA

Sebutkanlah identitas Anda dengan jelas

Contoh:

“Nama saya Dewi Ayu, mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2017 semester ke-2”

  1. TULISKANLAH KEPERLUAN DENGAN SINGKAT DAN JELAS

Sampaikanlah maksud dan tujuan Anda dengan singkat dan jelas, jangan bertele-tele agar tidak membingungkan.

Contoh: “Saya memerlukan tanda tangan Bapak di Lembar Pengesahan Skripsi, Kapan kiranya saya bisa menemui Bapak?”

  1. UCAPKANLAH MAAF UNTUK MENUNJUKKAN KERENDAHAN HATI

       Sebagai bentuk penghormatan, gunakanlah kata permohonan maaf di awal dan di akhir percakapan pesan yang Anda kirim

  1. AKHIRI DENGAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN SALAM

       Akhirilah dengan ucapan terima kasih dan salam di akhir pesan yang dikirim.

  1. JANGAN MEMAKSA DALAM MEMBUAT JANJI DAN JANGAN MENGATUR JADWAL
  2. CONTOH PESAN SINGKAT

       “Assalamualaikum, selamat pagi Ibu. Sebelumnya saya mohon maaf mengganggu waktu/ kesibukan Ibu. Saya ingin menanyakan apakah kiranya besok Ibu ada waktu untuk bimbingan skripsi? Mohon konfirmasi atas waktunya.  Terima kasih atas kesediaan Ibu. Wassalamualaikum”

329 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply