Etika Mahasiswa Berkomunikasi / Mengirim Pesan Yang Baik Kepada Dosen
- PAHAMI KARAKTERISTIK DOSEN
Pahamilah karakteristik dan kesibukan dosen yang beragam
- WAKTU PENGIRIMAN PESAN
Perhatikan waktu pengiriman pesan
Pilihlah waktu pada hari dan jam kerja paling lambat pukul 20.00 WIB
- BAHASA BAIK DAN BENAR
Gunakan Bahasa yang santun, formal, sederhana (bukan bahasa gaul/alay) dan gunakanlah ejaan yang tepat.
Hindarilah menyingkat kata, contoh: Ass, otw, gpl,mt pg…
- DIMULAI DENGAN SALAM DAN SAPAAN
Awalilah dengan mengucapkan salam dan sapa
Contoh: Assalamualaikum…
Selamat pagi/selamat siang/selamat sore….
- TULISKANLAH IDENTITAS ANDA
Sebutkanlah identitas Anda dengan jelas
Contoh:
“Nama saya Dewi Ayu, mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2017 semester ke-2”
- TULISKANLAH KEPERLUAN DENGAN SINGKAT DAN JELAS
Sampaikanlah maksud dan tujuan Anda dengan singkat dan jelas, jangan bertele-tele agar tidak membingungkan.
Contoh: “Saya memerlukan tanda tangan Bapak di Lembar Pengesahan Skripsi, Kapan kiranya saya bisa menemui Bapak?”
- UCAPKANLAH MAAF UNTUK MENUNJUKKAN KERENDAHAN HATI
Sebagai bentuk penghormatan, gunakanlah kata permohonan maaf di awal dan di akhir percakapan pesan yang Anda kirim
- AKHIRI DENGAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN SALAM
Akhirilah dengan ucapan terima kasih dan salam di akhir pesan yang dikirim.
- JANGAN MEMAKSA DALAM MEMBUAT JANJI DAN JANGAN MENGATUR JADWAL
- CONTOH PESAN SINGKAT
“Assalamualaikum, selamat pagi Ibu. Sebelumnya saya mohon maaf mengganggu waktu/ kesibukan Ibu. Saya ingin menanyakan apakah kiranya besok Ibu ada waktu untuk bimbingan skripsi? Mohon konfirmasi atas waktunya. Terima kasih atas kesediaan Ibu. Wassalamualaikum”