WORKSHOP KKNI DAN RPS

Menjelang Semester Genap tahun ajaran 2018, IAI Al-Qolam Malang mengadakan kegiatan Workshop Kurikulum KKNI dan RPS (10-11 Januari 2018) untuk segenap dosen di semua fakultas dan prodi. Kegiatan ini diampu oleh Dr. Abdul Muhid, M.Si., yang didatangkan langsung dari Kopertais IV Surabaya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Abdurrohmaman, S.HI., M.Pd., menyatakan dalam sambutannya, bahwa inisiatif IAI Al-Qolam untuk mengadakan workshop ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan para dosen untuk menyusun RPS yang berbasis pada Kurikulum SNDIKTI terbaru. Dengan adanya workshop ini diharapkan para dosen akan bisa menyusun RPS sebagaimana yang diharapkan oleh Kopertais IV Surabaya, sehingga ketika pelaporan nanti tidak kerepotan. “Oleh karena itu,” lanjut lelaki yang akrab dipanggil Gus Dur ini, “diharapkan kita bisa mengambil kiat-kiat praktis menyusun RPS berikut beberapa landasan teoritisnya.”

Dr. Abdul Muhid, M.Si., juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif IAI Al-Qolam Malang menyelenggarakan workshop semacam itu. Menurutnya, dari semua kampus swasta yang berada di bawah naungan Kopertais IV Surabaya, IAI Al-Qolam adalah yang pertama kali mengadakan workshop KKNI dan RPS berdasarkan Kurikulum SNDIKTI terbaru.

Workshop yang dimulai sejak pagi hari itu berjalan lancar. Pemaparan yang dilakukan oleh Dr. Abdul Muhid, M.Si., memberikan pencerahan baru bagi para dosen IAI Al-Qolam Malang. Selain pemaparan, seringkali terjadi tanya-jawab antara pemateri dan peserta.

Di sela-sela tanya-jawab, ada pertanyaan yang membuat Dr. Abdul Muhid, M.Si., menjelaskan bahwa dasar dari penyusunan RPS adalah kompetensi atau Capaian Pembelajaran (CP). Jika kurikulum sebelumnya (KPT) dasar penyusunan RPS adalah materi, maka kali ini diperbaiki dan CP dijadikan sebagai landasan penyusunan. Hal ini karena dalam KKNI dosen tidak diminta untuk mencecoki materi-materi, melainkan diminta untuk meningkatkan skill dan kompetensi mahasiswa.

Workshop ini ditutup pada tanggal 11 Januari setelah sebagian dosen mempresentasikan hasil pembuatan RPS yang sudah dijelaskan di hari sebelumnya.[]

74 views

Silahkan di share Ke... ?

Tinggalkan Balasan