Realitas Kuliah Kerja Nyata (KKN)

KKN yang merupakan salah satu syarat wajib bagi mahasiswa calon penyandang gelar sarajana adalah kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, pengabdian secara penuh, totalitas seutuhnya dalam kurun waktu tertentu. Rata-rata kampus menerapkan selama 1 bulan setengah karena waktu 6 minggu ini secara idealis sudah cukup untuk menghasilkan program pengabdian yang sudah terlaksana oleh kader local dan dinikmati manfaatnya oleh maasyarakat.
Tidak seperti PPL yang hanya bertugas di pagi dan siang hari karena terikat oleh jam Dinas, KKN memiliki ikatan setiap waktu oleh lingkungan dan Masyarakat. Pemberdayaan dan Pengabdian membutuhkan adanya keakraban, kedekatan dan semangat kebersamaan dengan masyarakat yang mengharuskan kita untuk setiap waktu ada pada masyarakat. Itulah kenapa salah satu tatatertib yang termaktub dalam pedoman KKN adalah *wajib bermukim / menginap di desa pengabdian.*

Artinya, memang butuh pengorbanan dan perjuangan pada tahap ahir perkuliahan ini.,
Perlu dipersiapkan betul mental, fikiran dan tenaga. Mental terpisah dari keluarga, fikiran untuk solusi bagaimana kewajiban bisa terlaksana, dan tenaga / fisik untuk tinggal di desa yang mungkin kehidupan disana akan lebih berat dari biasanya, apalagi tuntutan ideology yang memaksa dari bangun sampai tidur , waktu kita sepenuhnya dan seutuhnya adalah milik masyarakat.

Sekretaris LP3M IAI Al-Qolam Malang
Hanif Maulaniam Sholah

55 views

Silahkan di share Ke... ?

Tinggalkan Balasan