IAI Al-Qolam Gelar Acara Pembinaan Karier Dosen

Malang–Seiring adanya perkembangan baru di jagad perguruan tinggi dan kebutuhan meningkatkan mutu kampus, IAI Al-Qolam mengadakan acara Pembinaan dan Pengembangan Karier Dosen. Acara ini diisi langsung oleh Sekretaris Kopertais IV Surabaya, Dr. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.

Dr. Yunus menyampaikan tahapan-tahapan karier dosen dengan runtut dan sabar. Menurutnya, mutu perguruan tinggi juga ditentukan oleh jabatan fungsional para dosennya. Dengan demikian, dia mendorong para dosen IAI Al-Qolam agar rajin meningkatkan kariernya.

Lelaki yang berbadan tambun ini juga mengingatkan dengan penuh semangat bahwa karier dosen ditentukan oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, kampus harus mendorong dan memfasilitasi para dosennya agar giat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kalau perlu disediakan reward yang menggiurkan,” imbuh lelaki lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya ini. “Bagi dosen yang rajin mengirim artikel jurnal disediakan reward oleh kampus, misalnya. Atau kalau ada dosen yang menerbitkan laporan pengabdiannya di sebuah jurnal ilmiah, disediakan suatu reward.”

Dengan adanya reward semacam itu, diharapkan para dosen akan cepat meningkat kariernya. Demikian Dr. Yunus berpesan di hadapan para peserta.

Dia juga berpesan agar NIDN yang dimiliki oleh dosen tidak disia-siakan. “Ayo gunakan NIDN kalian untuk ikut kegiatan-kegiatan nasional, seperti hibah penelitian, hibah pengabdian, beasiswa doktoral, dan lain sebagainya.”

Jika NIDN tidak dimanfaatkan, maka ia hanya berguna untuk kampus semata. “Eman-eman kalau tidak bermanfaat untuk dosen pemilik NIDN,” katanya.

Acara ini dihadiri dengan antusias oleh para dosen. Bapak Yazidul Bisthomi, misalnya, mengatakan mendapat banyak informasi penting dan berguna dari adanya kegiatan ini. “Saya sangat tercerahkan. Ke depan saya akan makin rajin meningkatkan karier saya sebagai dosen,” katanya.

Bapak Zainul Mukhtar, selaku ketua panitia pelaksana dan sekaligus Kepala Biro Kepegawaian IAI Al-Qolam, mengaku amat bangga dengan para dosen IAI Al-Qolam. Antusiasme mereka merupakan bukti bahwa para dosen berkomitmen meningkatkan mutu kampus. “Apalagi Dr. Yunus bersedia hadir untuk menjadi pemateri acara ini. Saya sangat bangga pada semua,” tuturnya.[]

18 views

Silahkan di share Ke... ?

Tinggalkan Balasan