Muhammad Hasyim, S.HI., M.PdI, (IAI Al-Qolam) Jadi Pemateri Workshop Pelaporan PDDIKTI 100% Di Surabaya

Cluster Susi dan NTT mengadakan kegiatan workshop pelaporan PDDIKTI 100% pada hari rabu tanggal 19 september tahun 2018 yang bertempat di STAI AL-FITHRAH, Jl. Kedinding Lor 30 Surabaya yang dihadiri 13 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di bawah naungan Kopertais wilayah IV Surabaya yaitu 1. STAI Al Fithrah (2 Operator), 2. STIU Masjid Al Akbar Surabaya, 3. STAI Ali bin Abi Thalib 4. STIS SBI Surabaya 5. STAI Taruna Surabaya 6. STAI AN najah (2 Operator) 7. STAI Taswirul Afkar Surabaya, 8. STIT Kupang 9. STIT Al Azhar Sidoarjo 10. STAI Ar-Rosyid Surabaya 11. STAI YPBWI 12. STID Al Hadid Surabaya 13. STIDKI Ar-Rahmah, dengan pemateri dari Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Gondanglegi Malang Bapak Muhammad Hasyim, S.HI., M.PdI, dan juga di hadiri oleh Ketua Cluster Susi dan NTT bapak Nurul Huda, M.PdI, dari STAI Lukman Al-Hakim Surabaya

Materi pertama terkait dengan problem yang dihadapi oleh PTKIS terkait dengan pelaporan PDPT feeder dilanjutkan dengan tutorial feeder dimuat transaksinya berupa detil mahasiswa, histori pendidikan, Input Mata kuliah dan jenis validasi yang ada pada transaksi ini, pembuatan kurikulum dan matakuliah kurikulum, pembuatan kelas kuliah yang didalamnya memuat transaksi penugasan dosen yang sudah mempunyai Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) Nomor urut Pegawai (untuk dosen luar biasa) NUP dan Lalu NIDK adalah kepanjangan dari Nomor Induk Dosen Khusus yaitu nomor induk yang sama-sama diterbitkan oleh Kementerian untuk dosen yang diangkat perguruan tinggi berdasarkan perjanjian kerja, ditambah lagi dengan traksi memasukkan peserta kelas atau dikenal dengan KRS yang bisa dilakukan dengan one by one atau bisa juga dengan kolektif dengan acuan berdasarkan data yang sudah dimasukkan dalam data mahassiwa dan history pendidikan bisa di fileter berdasarkan angkatan dan program studi.

Pada materi kedua dilanjutkan dengan teknis input data dengan menggunakan aplikasi modifer dan pemaparan updatenya yang sampai pada ver. 0.7 mulai dari cara install aplikasi, pemilihan satuan pendidikan yang sudah termuat di data base pddikti feeder beserta traksaksinya, pada pemaparan kedua ini terkait dengan teknis cara menggunakan feeder karena pada materi awal sudah dibelaki dengan materi input manual yang tanpa menggunakan aplikasi dan pada kedua ini dengan menggunakan aplikasi modifer sehingga operator bisa mengetahui letak kesalahan input beserta validasinya yang ada di modifer sehingga bisa di cek secara bertahap dari jenis transaksi yang telah di inputkan, dilanjutkan dengan praktik untuk melakukan transaksinya dengan export impordari data base yang ada untuk bisa di import ke modifer agar dan di cek langsung di feeder sudah sesuaikah dengan validasi yang ada. Baik berupa validasi pddikti dan validasi feeder.

Materi dilanjutkan dengan persiapan penerapan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) yang akan diterapkan di tahun 2019 untuk Kopertais Wilayah IV surabaya mulai dari teknis untuk pengecekan data eligible mahasiswa beserta dosen agar bisa di reservasi Pin RISTEK DIKTI sehingga bisa direservasi PINnya dimana jika SK yang masih proses AL maupun sudah diterima berkasnya di SAPTO BAN-PT sudah tidak bisa dilakukan reservasi jika sdah melebihi batas ketentuannya dalam aplikasi pin ini sudah dirancang khusus agar pada perguruan tinggi ini bisa tertib administrasi mulai dari pangkalan data sampai pada reakreditasinya sehingga ijazah yang akan dikeluarkan oleh ptkis dalam kondisi SK yang masih berlaku dan up to date yang bukan sedang ijin out off date, dilanjutkan dengan pemantauan dari pangkalan data bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini agar datanya bisa dicek secara online baik yang eligible maupun data yang tidak eligible beserta penyebabnya operator bisa memahami terkait dengan pangkalan data yang telah ada agar bisa menjadi data bisa lolos dari validasi nasional yang sudah diterapkan pada tahun yang lalu.

18 views

Silahkan di share Ke... ?

Tinggalkan Balasan