PELATIHAN MAKHRAJ DAN SIFAT HURUF DENGAN RUMUS KIMIA

pelatihan-makhraj-dan-sifat-huruf-iai-al-qolampelatihan-makhraj-dan-sifat-huruf-iai-al-qolam pelatihan-makhraj-dan-sifat-huruf-iai-al-qolam pelatihan-makhraj-dan-sifat-huruf-iai-al-qolam 

Malang—IAI Al-Qolam Malang mengadakan “Pelatihan Makhraj dan Sifat Huruf dengan Rumus Kimia” pada hari Senen (15-10-2018). Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian acara menjelang milad IAI Al-Qolam dan Hari Santri Nasional yang puncaknya diadakan pada 27 Oktober mendatang.

Pelatihan yang diampu oleh Ustaz Moh. Badrus dan Ustaz M. Hafidz Lc. ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Lebih dari 150 orang ikut serta dalam pelatihan ini hingga tuntas. Selain dari mahasiwa-mahasiswa Al-Qolam sendiri, para peserta juga terdiri dari kalangan masyarakat luas, baik dari kalangan pendidik Al-Qur’an maupun pemerhati.

Ahmad Bukhori, Ketua Panitia Acara Pelatihan ini, mengatakan bahwa dia bangga dengan antusiasme peserta untuk ikut serta dalam kegiatan ini. “Ini membuktikan bahwa mahasiswa IAI Al-Qolam dan masyarakat masih peduli terhadap Alquran dan pembelajarannya,” tuturnya.

Bagi Bukhori, pelaksanaan pelatihan ini memiliki kaitan langsung dengan Hari Milad kampus dan Hari Santri Nasional. Dengan milad kampus, pelatihan Makhraj dan Sifat Huruf ini mengindikasikan bahwa IAI Al-Qolam punya perhatian serius terhadap Alquran. “Kita tahu bersama bahwa IAI Al-Qolam memberikan perlakuan khusus  terhadap para penghafal Alquran. Mereka diberi beasiswa. Demikian pula pembelajaran Alquran dan metode-metodenya bagi pemula, IAI Al-Qolam punya perhatian agar metode-metode baru itu tersosialisasi kepada para pendidik Alquran,” kata Bukhori.

Adapun kaitan dengan Hari Santri Nasional, pelatihan ini merupakan perhatian utama pesantren-pesantren, sehingga sosialisasi metode-metode pembelajaran Alquran yang asyik dan menyenangkan merupakan kegiatan yang tepat untuk merayakan Hari Santri Nasional.

Bukhori berharap agar metode pengajaran makhraj dan sifat huruf hijaiyah dengan rumus kimia bisa menjadi cara baru yang menyenangkan dan mudah, baik bagi para pendidik maupun pembelajar Alquran.[]

67 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat