Pelepasan KKN PAR Maqashidi tahun 2018

Sejumlah 192 mahasiswa IAI Al-Qolam dilepas oleh Warek I IAI Al-Qolam untuk melaksanakan KKN Participatory Action Research (PAR) Berbasis Maqashid Syari’ah pada hari Rabu, 31 Oktober 2018. Bertempat dihalaman, para mahasiswa berseragam KKN berbaris rapi dihadapan para pejabat, panitia yang duduk di “panggung kebangsaan” yang terletak diparkiran timur kampus.
Selain Warek I hadir pula Warek II, Ir. Badriyah, Dekan, Mudhofar, MA, Ketua LP3M, Ahmad Atho’ Lukman Hakim, S.Ag, M.Sc dan ketua panita Budi Kuworo.

“KKN PAR Maqashidy adalah implementasi dari ajaran khidmatul ummah dengan bahu membahu bersama masyarakat demi tegaknya kemaslahatan”, kata Ketua LP3M dalam sambutannya. “Oleh karena itu langkah pertama yang musti dilakukan oleh segenap mahasiswa adalah menata niat berdakwah lillahi taa’la . Dakwah dalam pengertian yang luas yakni menegakkan kemaslahatan ummat. Dengan niatan yang tepat maka jikalaupun bertemu dengan kesulitan dan rintangan akan dihadapi dengan sabar tanpa keluh-kesah”, sambungnya.
Sementara Warek I dalam sambutannya menyatakan bahwa KKN PAR Maqashidi akan dikembangkan untuk lembaga pesantren. Rintisan kearah sana sudah dimulai tahun ini dan secara resmi akan diluncurkan program KKN PAR Maqashidi Pesantren pada tahun depan.

“KKN tahun ini tersebar di 7 Desa pada 3 kecamatan: Pagelaran, Bantur dan Gedangan,”ungkap Budi Kusworo. Dosen Tadris Bahasa Inggris ini menyatakan bahwa pelesan KKN PAR Maqashidi dilakukan setelah 2 kali pembekalan. Pembekalan pertama pada tanggal 23 Oktober 2018 di Aula PPRU 1 Ganjaran Gondanglegi Malang.
“Setelah Pembekalan pertama, peserta KKN melakukan survey awal dengan harapan agar sejak dini sudah mengidentifikasi problem sosial masyarakat serta lebih dekat dengan stakeholder yang ada di akar rumput,” sambungnya. “Pembekalan kedua dimaksudkan peserta KKN mempresentasikan hasil survey awal serta mendiskusikan dengan para DPL”, papar Dosen bertubuh tinggi besar ini.
“KKN akan berlangsung selama 40 hari, persiapan semua pihak telah selesai, semoga KKN PAR Maqashidi tahun ini benar-benar member manfaat kepada masyarakat,” tutupnya.

49 views

Silahkan di share Ke... ?

Tinggalkan Balasan