Workshop bagi dosen PAR dan metpen

Lembaga Penelitian, pengembangan dan Pengabdian kepada masyarakat (LP3M) IAI AL-Qolam menyelenggarakan Workshop Dosen pengampu mata Kuliah Participatory Action Research (PAR) dan Metodologi Penelitian yang dilaksanakan di meeting room IAI Al-QOlam pada hari Jum’at, 20 Juni 2019 dan diikuti oleh Ketua LP3M Ahmad Atho’ Lukman, M.Sc. Sekertaris LP3M Hanif Maulaniam Sholah, M.Pd. Dekan Fakultas Tarbiyah Mudhofar, M.Pd. Kaprodi HES Ahmad Fauzi, M.Pd. Ketua LJM Muhammad Hasyim, M.Pd. Dekan Fakultas Syariah Siti Aisyah, M.Pd. Kaprodi Tadris Bahasa Inggris Budik Kusworo, M.Pd. Kaprodi PIAUD Norma Itha, M.Pd. Kaprodi PAI Dr. Muhammad Husni, M.Pd. Amatul Jadidah, M.Pd. Dr. odik dan Ririn Novianti, M.Pd
Agenda pada Workshop peningkatan dan pengembangan kualitas Penelitian ini adalah Evaluasi Pembelajaran Matkul Metpen dan PAR dan Diskusi Payung Tema Riset dan Pengabdian. Kegiatan ini diharapkan agar terwujud Penyelarasan pemahaman dan standard materi pada setiap dosen pengampu mata kuliah PAR agar penyampaian mata kuliah PAR bisa sesuai dengan Visi Misi IAI AL-QOlam.

Pada diskusi ini, ketua LP3M, Bapak Ahmad Atho’ Lukman menyampaikan bahwa riset yang bagus adalah yang memiliki relevansi paling tinggi dengan kontek akademik dan kontek social. “Jika kembali ke visi misi, 1. Harus integrasi interkoneksi. 2. Mengandung nilai prophetic, maksudnya yang bisa dipertanggungjawabkan dan bersumber dari nilai2 aswaja.” Tutur beliau.
Ketua LP3M berharap agar judul2 skripsi mahasiswa mengarah pada payung tema. Ada tahapan2, ada fokus2 selama lima tahun ini untuk pengembangan2 yang sesuai dengan realita kehidupan di masyarakat. Sebagai contoh misalnya menggunakan Tema Pengabdian:
“Pemberdayan Masjid.”
Maka selama lima tahun ke depan, pengabdian Al-Qolam adalah tentang pengembangan-pengembangan untuk kemaslahatan Masjid.
Pada temuan-temuan yang disampaikan oleh para dosen pengampu,
Mahasiswa sangat perlu mendalami Penguasaan materi tema, teori dan mekanika Penulisan.

Untuk mendongkrak semangat mahasiswa menekuni keilmuan penelitian, LP3M tidak hanya membuka hibah penelitian, tapi juga membuka research review/ book review
Dalam kondisi mahasiswa yang masih lemah, program research review sangat disarankan oleh mayoritas peserta Workshop. Dalam program Rsearch Review, Dosen metpen mengajar research review, kemudian review terbaik akan mendapatkan reward dari LP3M sebesar 750.000
Adapun target penguasaan pada perkuliahan Participatory Action Research (PAR) adalah 1. Memperkenalkan maslahah dalam konteks kekinian. 2. Menurunkan menjadi pohon masalah dan LFA.

34 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat