4 Pilar dalam Riset

Dalam sebuah perguruan tinggi membutuhkan budaya dan nuansa akademik yang kuat karena perguruan tinggi adalah tempat civitas akademika mengeksplorasi pengetahuan, mengasah skill dan memperkaya literasi. Membangun atmosphere yang bernuansa akademik perlu dimulai Bersama karena suasana akademik akan terbentuk jika sudah muncul kesadaran Bersama akan pentingnya menjaga dan membangun nuansa akademik yang berkualitas.
Yang paling menentukan marwa dan derajat perguruan tinggi adalah seberapa besar nuansa akademik terbentuk. Baik buruknya nuansa akademik yang terbentuk adalah ditentukan seberapa besar tradisi Riset nya. Jika nuansa risetnya buruk, maka nuansa akademiknya juga sudah pasti lemah.
Peranan Riset sangat menentukan marwa dan derajat perguruan tinggi.
Terdapat empat Pilar besar yang memberikan manfaat luar biasa dalam riset.
Yang pertama adalah pilar kemasyarakatan. Hasil riset akan memberikan manfaat untuk kemaslahatan masyarakat, peningkatan peradaban yang lebih baik serta pembentukan bangsa yang cerdas dan berwawasan luas.
Yang ke dua adalah keilmuan. Jika kita menulis riset, kita memberikan kontribusi perkembangan keilmuan, keilmuan yang tidak hanya disampaikan kemudian hilang, tapi keilmuan yang abadi.
Yang ke tiga adalah ke indonesiaan. Kita tinggal di tanah Indonesia, di lahirkan dari ibu pertiwi Indonesia, tentu saja kita harus menjaga ideologi NKRI dan ideologi Kebangsaan.
Dan yang ke empat adalah ke islaman. Riset mengajarkan nilai-nilai keislaman, bagaimana orang islam menjalankan agama dengan baik, menjalani kehidupan yang menanamkan nilai-nilai islam.

Sekertaris LP3M
Hanif Maulaniam Sholah

10 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat