LP3M, AdakanSeminar Proposal Penelitian Dan Pengabdian Bagi Dosen

Sabtu 23 November 2019, LP3M menyelenggarakan acara seminar Proposal Penelitian dan Pengabdian bagi Dosen IAI Al-Qolam. Dalam acara ini, dihadiri oleh Ketua, dan Sekretaris LP3M selaku penyelenggara acara dan Dr. Kholik selaku reviewer. Terdapat 5 proposal yang dibahas dalam forum ini.
Presentator pertama yakni Bu Nurhayati, M.Pd. Beliau mengajukan penelitian berjudul “Stress pada ibu rumah tangga” beliau menjelaskan tentang Stress yang disebabkan oleh tuntutan tuntutan rumah tangga. Subyek penelitiannya adalah guru PIAUD dan orang tua wali murid PIAUD. Peneliti ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat stress Ibu bekerja sebagai guru piaud vs ibu tidak bekerja.

Masukan dari reviewer diantaranya variable pengganggunya harus di munculkan karena munculnya stress itu dipengaruhi oleh banyak hal

Presentator yang ke dua, Ibu Evi Nur Halimah, M.Pd. peneliti mengajukan judul “Model pendidikan anak usia dini dalam setting Pondok Pesantren”. Obyek penelitian yang akan di teliti adalah Ponpes Al-Rifaki dan Al-Hikam. Masukan dari reviewer yakni perlu diperuncing aspek apa saja yang diteliti, apakah pembelajarannya, aktifitas di luar kelas, budaya, kurikulum atau suasana yang terbentuk.

Presentator ke 3, Bapak Muhammad Hilal, M.Phil. peneliti mengajukan judul “Konsep Pendidikan menurut Ibnu Rusyd”. Beliau menjelaskan Ibn rusyd itu filosof yang sangat konsisten dengan rasionalisme. Beliau Ahli fiqih dan ahli filsafat. Konsep pendidikan yang secara umum dibahas adalah diantaranya Hakikat peserta didik, konsep pendidik, konsep peserta didik, kurikulum, evaluasi. Sedangkan konsep pendidikan menurut ibnu rusyd itu masih perlu digali lebih dalam.

Presentator ke 4, Bapak Muhammad Amirudin, M.Pd. judul yang diajukan tentang Pola komunikasi santri Madura yang mengalami culture shock dalam interaksi social (studi kasus pondok pesantren raudlotul muhlisin Bululawang Malang). Diantara proses pola komunikasi adalah
Alih kode, campur kode. Proses dan pola komunikasi yang beliau temukan diharapkan merupakan theory baru yang bisa menjadi rujukan para peneliti bidang social.

Presentator yang ke 4 adalah Bapak Joko Wibowo, M.Pd dan Budik Kusworo, M.Pd. pengusul terahir ini mengusulkan tentang pengabdian. Judul pengabdian yang diajukan adalah “Pendampingan program one day English bagi peserta English conversation club di MA RU 2 Malang”. Yang mendasari program ini adalah permintaan dari kepala sekolah akan adanya pendampingan program one day English for Senior High school. Pernyataan secara langsung dari kepala RU 2 secara langsung berharap kerjasama antara AL-Qolam dengan SMA RU 2 akan segera terjalin dalam hal pendampingan pembelajaran bahasa inggris bagi siswa siswi dan tak lupa juga untuk guru-guru. Focus dari pembelajaran adalah speaking/ komunikasi berbahasa inggris bukan pada tata bahasa. Salah satu bentuknya adalah model speaking club pada English area.

Setelah acara seminar proposal, program agenda berikutnya adalah agenda progress penelitian dan agenda seminar hasil ahir untuk memantau perkembangan pelaksanaan penelitian dan membiasakan komunikasi forum diskusi untuk membentuk atmosfer akademik yang kuat di lingkungan civitas akademika dosen IAI Al-Qolam

33 views

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply

WhatsApp chat