Audit Mutu Internal Prodi PAI dan HES 2020

Kali ini Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAI Al-Qolam Malang kembali melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) untuk Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam) dan HES (Hukum Ekonomi Islam. Kegiatan ini terlaksana pada Senin hingga Selasa, 2-3/11/2020.

AMI adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengukur mutu setiap lembaga yang ada di bawah IAI Al-Qolam Malang. Upaya mengaudit mutu ini dilakukan oleh pihak internal dan eksternal. Untuk audit mutu internal, pelaksanaannya diemban oleh LPM IAI Al-Qolam Malang.

“Dengan melakukan AMI secara berkala, maka setiap lembaga akan diketahui peningkatan mutunya,” tutur ketua LPM IAI Al-Qolam Malang, M. Zainul Mukhtar.

Ketua LPM melanjutkan, mekanisme audit mutu internal ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Tridharma di IAI Al-Qolam Malang sudah sehaluan dengan visi-misi kampus serta tata aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. “Tujuan akhirnya adalah terciptanya budaya mutu,” tambahnya.

Kegiatan AMI ini dilaksanakan dengan mengundang dua auditor, yaitu Muhammad Hasyim dan Zainuddin. Yang pertama mengaudit Prodi HES dan yang kedua mengaudit Prodi PAI.

Pelaksanaannya pun dilakukan di tempat terpisah secara bersamaan. Prodi PAI dilaksanakan di ruang rapat IAI Al-Qolam, sedangkan Prodi HES dilakukan di ruang Fakultas Syariah.

Ketua Prodi HES, Ahmad Fauzi, mengaku antusias mengikuti kegiatan ini. Dia berharap agar kegiatan ini akan menunjukkan kualitas lembaga yang dipimpinnya secara objektif dan berbasis data. “Temuan dari AMI ini akan kami jadikan pijakan untuk mengembangkan lembaga berbasis data,” kata Pak Fauzi.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Prodi PAI, Abdurrohim. “Pelaksanaan AMI bisa menjadi tolok ukur kinerja Prodi kami,” tutur lelaki yang hobi mengelola blog ini.[]

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply