IAI Al-Qolam Jalani Asesmen Lapangan Daring

IAI Al-Qolam Malang menerima Asesmen Lapangan (AL) daring dari BAN-PT pada Rabu hingga Kamis (7-8/7/2021). Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari tinjauan oleh BAN-PT terhadap dokumen Laporan Evaluasi Diri yang sudah dikirim beberapa waktu sebelumnya. 

Kegiatan AL ini menghadirkan tiga asesor yang mewakili pihak BAN-PT. Asesor pertama adalah Dr. Sodiq Abdullah, M.Ag. (UIN Sunan Walisongo Semarang), dan didampingi oleh dua asesor lain, yaitu Prof. Dr. Mustofa Kamil, M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia, Badung) dan Prof. Drs. Waridin, M.S., Ph.D. (Universitas Diponegoro, Semarang).

Dr. Sodiq Abdullah, M.Ag., selaku ketua tim asesor dari BAN-PT, mengatakan dalam sambutannya bahwa proses perjalanan AL secara daring ini diharapkan bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.

Proses Asesmen Lapangan dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama, manual acaranya terdiri dari (1) pembukaan, (2) wawancara dengan pimpinan perguruan tinggi, (3) wawancara dengan middle management perguruan tinggi, (4) konfirmasi data LKPT, (5) Istirahat, (6) wawancara dengan pelaksana penjaminan mutu internal, (7) wawancara dengan alumni dan pengguna eksternal, (8) wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan, (9) wawancara dengan mahasiswa, (10) penutup.

Di hari kedua, manual acaranya adalah (1) virual tour visit to campus, (2) kerja mandiri panel asesor, (3) penyampaian feedback dan tindak lanjut, (4) penandatanganan berita acara AL Daring dan penyampaian rekomendasi, (5) Penutup.

Di bagian penutup, Rektor IAI Al-Qolam Malang, Dr. Muhammad Adib, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua elemen yang terlibat dalam proses AL daring ini dari awal hingga berakhir. Dia berharap, upaya untuk meningkatkan pengelolaan kampus akan meningkat di hari-hari berikutnya.

Setelah itu, perwakilan dari para asesor menyampaikan rekomendasi-rekomendasi. Menurutnya, IAI Al-Qolam Malang harus meningkatkan aspek manajerialnya di bidang pemberdayaan SDM dan pengelolaan data.

Dengan berakhirnya kegiatan AL Daring ini, diharapkan ada perbaikan penting di lingkungan IAI Al-Qolam ke depan. Amin.

Silahkan di share Ke... ?
Menu