Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Deskripsi lulusan (profil utama)

Pendidik RA (Raudhatul Athfal) / TK (Taman Kanak-Kanak) / KB (Kelompok Bermain) / TPA (Tempat Penitipan Anak)à Pendidik anak usia dini pada jalur formal (TK, RA dan yang sederajat) dan nonformal (KB, tempat pengasuhan anak, dan yang sederajat)  yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial berlandaskan nilai-nilai pesantren dan ASWAJA

  • Konsultan : Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan dan arahan di bidang pendidikan anak usia dini
  • edupreneur : Pengembang  alat-alat pendukung pendidikan dan permainan edukasi untuk pendidikan anak usia dini

Visi

Menjadi program studi PIAUD berbasis Riset pesantren unggulan di Jawa Timur tahun 2030

Misi

  1. Menjalankan pendidikan dan pengajaran PIAUD yang bertumpu kepada riset sebagai basis akademiknya dan integrasi-interkoneksi keilmuan sebagai paradigmanya, serta berintegrasi dengan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja.
  2. Meningkatkan mutu kegiatan pendidikan dan pembelajaran, khususnya pada pendidikan dan keilmuan PAUD, yang berbasis riset serta bertumpu kepada paradigma keilmuan integrasi interkoneksi dan pendekatan interdisipliner
  3. Melaksanakan kajian dan riset pada bidang pendidikan PAUD dan keguruan sebagai basis akademik yang berorientasi kepada humanisasi, liberasi, transendensi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan RA dan Keguruan berorientasi kepada konservasi kebudayaan lokal, serta kepada penguatan kemandirian masyarakat, baik pada aspek kehidupan sosial, ekonomi, maupun pesantren.
  5. Mengkontekstualisasikan penguatan relevansi pesantren baik pada ranah sosial maupun akademis-intelektual melalui program studi PAUD

Kompetensi program studi

  1. Mengenali karakteristik peserta didik anak usia dini, yaitu usia 0-8 tahun
  2. Memahami bidang-bidang pengembangan anak usia dini, yang meliputi : 1) bidang pengembangan kemampuan dasar (Fisik motorik, Bahasa, dan Kognitif), dan 2) bidang pembentukan perilaku (Nilai Agama dan Moral, Sosial emosional)
  3. Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan ilmu kependidikan
  4. Menguasai kajian keislaman anak usia dini berbasis pesantren dan aswaja
  5. Menguasai kajian anak usia dini berbasis riset  dan integrasi-interkoneksi keilmuan sebagai paradigmanya, serta berintegrasi dengan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja

Capaian pembelajaran (keterampilan kerja khusus)

Profil Utama (Pendidik RA/TK/KB/PAUD)

  1. Mampu mengidentifikasi perkembangan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada berbagai aspek perkembangan AUD
  2. Mampu mengidentifikasi kemampuan awal dan kesulitan anak usia dini
  3. Mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik dan bermakna sesuai kebutuhan anak usia dini
  4. Mampu membuat dan mengaplikan permainan dan APE yang sesuai dengan tumbuh kembang AUD
  5. Mampu menyusun rancangan kegiatan pembelajaran dalam perencanaan semester, mingguan, dan harian dalam pembelajaran PAUD
  6. Mampu menyusun dan mengaplikasikan kegiatan pengembangan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini pada berbagai aspek perkembangan
  7. Mampu menciptakan dan mengembangkan kreatifitas dalam kajian seni yang sesuai dengan perkembangan AUD
  8. Mampu merancang dan mengaplikasikan bahan pengembangan AUD lebih lanjut dalam bentuk materi matematika, sains, IPS yang sesuai dengan karakter anak usia dini
  9. Mampu menerapkan konsep dasar Agama Islam yang sesuai dengan tumbuh kembang AUD

KETRAMPILAN/KEMAMPUAN KERJA KHUSUS

  1. Mampu merancang dan menerapkan lingkungan pembelajaran yang seusia dengan perkembangan AUD
  2. Mampu membuat media pembelajaran dalam kegiatan pengembangan anak usia dini
  3. Mampu mengaplikasikan rancangan pembelajaran dan evaluasinya dalam kegiatan pengembangan AUD
  4. Mampu menyusun dan mengembangkan kurikulum dalam kegiatan AUD
  5. Mampu melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pengembangan anak usia dini
  6. Mampu memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak usia dini sesuai dengan usia dan kebutuhan
  7. Mampu menggunakan TIK dan pengembangannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan AUD
  8. Mampu menciptakan budaya dan iklim satuan/program PAUD yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran anak usia dini
  9. Mampu melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pengembangan AUD

Capaian Pembelajaran (Pengetahuan Khusus)

  • Mampu menganalisis aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini
  • Mampu menguasai  teori-teori kependidikan, pendidikan anak usia dini, dan psikologi
  • Mampu memahami teori pembelajaran dalam konteks bermain dan belajar yang sesuai dengan kebutuhan aspek perkembangan anak usia dini
  • Mampu menguasai konsep pendeteksian secara dini terhadap tumbuh kembang AUD
  • Mampu memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar anak usia dini
  • Mampu memahami konsep dasar keilmuan berdasarkan aspek perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, moral agama dan seni
  • Mampu memahami kesehatan dan kebutuhan gizi yang sesuai dengan usia
  • Mampu mengetahui pola asuh yang sesuai dengan usia anak
  • Mampu menguasai konsep manajemen pendidikan dalam penyelenggaraan satuan/program PAUD.
  • Mampu menguasai konsep, prinsip, metode dan teknik supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan satuan/program PAUD
  • Mampu menguasai konsep metodologi penelitian baik kuantitatif, kualitatif dan penelitian tindakan

Capaian Pembelajaran (Keterampilan khusus)

Profil lulusan Konsultan PIAUD

  • Mampu melakukan praktik layanan konseling pada pada PAUD dan ABK
  • Menguasai  bahan kajian problematika anak berkebutuhan khusus dan teknik penangannya
  • Menguasai kajian sekolah inklusi AUD

Capaian pembelajaran (Pengetahuan Khusus)

  • Menguasai bahan kajian problematika anak berkebutuhan khusus dan teknik penangannya
  • Menguasai kajian sekolah inklusi AUD

Capaian Pembelajaran (keterampilan Khusus)

  • Berjiwa wirausaha dan berani berbisnis secara mandiri
  • Mampu mengaplikasikan ide-ide kreatif pendidika usia dini dan alat permainan edukatif dalam bentuk intrepeneurship
  • Mampu dan eksis mengembangkan usaha berkelanjutan dalam dunia PAUD dan APE

Capaian Pembelajaran (pengetahuan Khusus)

  • Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik
  • Memiliki pengetahuan manajemen di bidang kewirausahaan pendidikan anak usia dini
  • Memiliki landasan pengembangan kewirausahaan dalam pendidikan anak usia dini

0 views