Tadris Bahasa Inggris

VISI PRODI TADRIS BAHASA INGGRIS

Menjadi Prodi Tadris Bahasa Inggris Berbasis Riset dan Tradisi Pesantren yang Unggul Se-Jawa Timur pada Tahun 2030.

Misi Prodi Tadris Bahasa Inggris

  1. Meningkatkan mutu pengelolaan kelembagaan dan sistem pendidikan yang berkualitas, profesional, transparan, dan akuntabel, di lingkungan prodi Tadris Bahasa Inggris.
  2. Mengembangkan ilmu pendidikan Bahasa Inggris yang bertumpu kepada riset sebagai basis akademiknya dan integrasi-interkoneksi keilmuan sebagai paradigmanya, serta berintegrasi dengan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja.
  3. Meningkatkan mutu kegiatan pendidikan dan pembelajaran, khususnya pada bidang pendidikan dan keguruan Bahasa Inggris, yang berbasis riset serta bertumpu kepada paradigma keilmuan integrasi-interkoneksi dan pendekatan interdisipliner.
  4. Melaksanakan kajian dan riset pada bidang pendidikan Bahasa Inggris sebagai basis akademik yang berorientasi kepada humanisasi, liberasi, dan transendensi.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan Bahasa Inggris yang berorientasi kepada konservasi kebudayaan lokal sekaligus eksplorasi potensi global, serta kepada penguatan kemandirian masyarakat, baik pada aspek kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik.

Tujuan Program Studi Program Studi Tadris Bahasa Inggris

  1. Melahirkan Sarjana Pendidikan (S.Pd.) bidang Bahasa Inggris yang beriman, berakhlak dan bertaqwa berdasarkan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja; memiliki kapasitas intelektual; serta memiliki kemampuan profesional.
  2. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran ilmu-ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu Bahasa Inggris dengan berbasis riset dan bertumpu pada paradigma integrasi-interkoneksi dan pendekatan interdisipliner.
  3. Menyiapkan sarjana pendidikan yang memiliki wawasan global dan mampu memberikan kontribusi bagi pemberdayaan umat melalui aktivitas pendidikan dengan tetap mengacu pada nilai-nilai pesantren dan aswaja.
  4. Menciptakan sarjana unggul yang memiliki kemampuan untuk menjalin net-working baik secara lokal, nasional maupun internasional

Kompetensi Prodi Tadris Bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  1. Calon Pendidik Bahasa Inggris
    • Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik
    • Mampu menguasai konsep dan prinsip bidang inti pengajaran Bahasa Inggris: structure, grammar, reading, speaking, listening, writing, dengan didukung oleh beberapa pengetahuan micro-linguistics.
    • Mampu memecahkan permasalahan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris secara baik melalui berbagai tindakan konstruktif dan serta kolaboratif dalam tim dan/atau teman sejawat.
    • Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan dan teknologi terkait dengan proses pembelajaran Bahasa Inggris serta menduplikasikan ICT dalam peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Inggris
    • Mampu memecahkan permasalahan dan segala hambatan dalam proses pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris serta dapat beradaptasi dalam segala situasi yang dihadapi dengan segala tindakan positif dan konstruktif dan berdasarkan atas kepentingan bersama.
    • Mampu menciptakan suasana dan/atau kondisi kelas yang kondusif dan mengkreasikan berbagai media pembelajaran untuk mempermudah penguasaan peserta didik dalam belajar Bahasa Inggris.
    • Mampu mendisain proses pembelajaran dan penguasaan media dan teknik-teknik adaptif dalam pengajaran Bahasa Inggris, teknologi dan ICT dalam pembelajaran
    • Mampu merumuskan ragam perencanaan pembelajaran dalam Bahasa Inggris pada setiap tingkat satuan sekolah/madrasah, dan dapat mendesain berbagai permasalahan dalam metodologi pengajaran yang adaptif.
    • Mampu melaksanakan pengembangan kurikulum sekaligus menyusun bahan pengajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan pengajaran dan pembelajaran dalam bentuk modul atau bahan ajar.
    • Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, mengevaluasi kinerjanya secara komprehensif dengan memanfaatkan pengetahuan dan cara-cara pengajaran dan pembelajaran dalam Bahasa Inggris.
  2. Asisten peneliti/penulis
    • Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik
    • Menguasasi teori dan menggunakan metode penelitian untuk menggali ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan imu Bahasa Inggris khususnya pendidikan Bahasa Inggris, baik yang bersifat teoritis murni maupun aplikatif-eksperimentatif.
    • Menguasai teori tentang tulis-menulis dalam Bahasa Inggris baik yang bersifat ilmiah atau yang bersifat sastra
    • Mampu mengoptimalisasikan teknologi dan informasi dalam menyelesaikan penelitian maupun penulisan Bahasa Inggris
    • Mempunyai integritas dan tanggung jawab dalam profesinya
    • Mampu melakukan komunikasi, membuka dan mengembangkan jaringan dalam bidang kepenulisan dan atau penelitian
  3. Interpreter (penerjemah)
    • Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik.
    • Mampu mengaplikasikan prinsip dasar teori terjemah dalam proses penerjemahan.
    • Mampu menyajikan beberapa alternatif solusi dalam permasalahan terjemah.
    • Mampu mengoptimalisasikan teknologi dan informasi dalam menyelesaikan persoalan penerjemahan Bahasa Inggris, berkomunikasi dalam bahasa asing (transaksional dan intransaksional) baik secara lisan maupun tulisan.
    • Mempunyai integritas dan tanggung jawab dalam profesi, organisasi maupun institusi.
    • Mampu mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum dalam pemakaian Bahasa Inggris serta terjemahannya.
  4. Entrepreneur (wirausahawan)
    • Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik.
    • Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship), kemandirian dalam berkarya, memiliki sifat leadership yang komprehensif.
    • Mengoptimalisasikan teknologi dan informasi dalam menyelesaikan persoalan teoritikal dan praktikal, dalam pengembangan profesi dan usaha mandiri dalam memanajemen lembaga pendidikan.
    • Kreatif dalam memunculkan ide yang inovatif, mampu mengembangkan mengaplikasikan karya, kepemimpinan, kemandirian, dan dapat bekerja sama dengan baik dalam tim.
    • Mempunyai tanggung jawab dan integritas dalam profesinya.

Kompetensi pendukung Prodi Tadris Bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  1. Menguasai ilmu-ilmu ke-Islaman serta mampu menerapkannya dalam berkehidupan bermasyarakat dan dalam menjalankan profesinya sebagai Sarjana Bahasa Inggris
  2. Menguasai pengetahuan umum dalam menunjang profesinya sebagai sarjana bahasa Inggris.
  3. Sarjana santri yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, sesuai dengan nilai-nilai luhur pesantren dan aswaja.
  4. Sarjana santri yang memiliki rasa kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, dan rasa solidaritas sosial.

0 views