Lambang

Lambang IAI Al-Qolam

  1. IAI Al-Qolam memiliki lambang berbentuk kotak persegi empat berwarna dasar putih dengan tulisan berwarna hijau daun.
  2. Tulisan pada lambang IAI Al-Qolam terdiri atas empat kata “Al-Qolam” dalam aksara Arab ( القلم ) yang saling berkait satu sama lain. Empat kata tersebut menghadap empat arah yang berbeda, yakni samping kiri, atas, samping kanan, dan bawah.
  3. Bentuk dan warna tulisan tersebut mengandung arti sebagai berikut:
    1. Kata “Al-Qolam” melambangkan spirit riset ilmiah. Makna ini sejalan dengan konsep kunci pertama dari paradigma “PTAI Riset Berbasis Pesantren”, yakni institusionalisasi riset sebagai basis akademik.
    2. Warna hijau dari tulisan kata “Al-Qolam” melambangkan makna dari riset yang dikembangkan oleh IAI Al-Qolam itu sendiri, yaitu riset yang berorientasi kepada (1) emansipasi, (2) liberasi, dan (3) transendensi, yang sebetulnya terinspirasi dari ajaran Alqur’an.
    3. Bentuk tali-bertemali empat kata “Al-Qolam” menggambarkan konsep kunci kedua, yaitu paradigma integrasi-interkokensi, baik pada ranah filsafat keilmuan maupun ranah kehidupan sosial-budaya.
    4. Warna hijau dari lambang IAI Al-Qolam secara keseluruhan berikut bentuk kubah masjid dari huruf qaf dari kata “Al-Qolam” melambangkan semangat keberagamaan yang diusung oleh IAI Al-Qolam. Semangat keberagamaan yang dimaksud adalah integrasi dengan nilai-nilai pesantren dan aswaja sebagai konsep kunci ketiga.
  4. Di bawah logo, terdapat tulisan “IAI AL-QOLAM MALANG”.

0 views