Bimtek Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi 2023

Dalam rangka memotivasi Perpustakaan Perguruan Tinggi supaya tetap semangat dan percaya diri untuk bisa melaksanakan akreditasi Perpustakaan maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi” pada hari Selasa s.d Rabu / 04 s.d 06 Juli 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari perwakilan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Perguruan Tinggi Islam Islam dan Perpustaakan Perguruan Tinggi Umum) dan diutamakan yang belum pernah akreditasi dimana dalam Bimtek tersebut setiap Perguruan Tinggi  hanya bisa diwakili oleh 1 orang peserta. Pelaksanaan seminar ini bertempat di Movenpick Hotel Surabaya City, Jl. Ahmad Yani No.71, Margorejo, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Hadir sebagai pemberi sambutan pertama sekaligus pembukaan resmi Bimtek (yang mewakili Kepala Perpusnas RI) yakni Kepala P3SMPT Perpusnas RI Bapak Drs. Nurcahyo, SS., M.Si. Beliau menjelaskan bahwa Perpusnas berfungsi melayani dan memberikan akses data untuk kemudahan pencarian informasi terkini dan melakukan pembinaan serta mengupayakan pengeloalaan Perpustakaan beroperasi sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Sambutan kedua oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yakni Bapak Dwiko Yudhi Widodo, SH. M.AP. Dalam hal ini beliau menjelaskan bahwa Perpustakaan Perguruan Tinggi sesuai data per Mei 2023 ada 558 Perguruan Tinggi tapi hanya 56 yang terakreditasi. Dari minimnya keinginan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang terakreditasi maka kita sebagai petugas yang mengelola Perpustakaan harus bisa meyakinkan kepada Pimpinan bahwa dukungan para Pimpinan dalam perjalanan menuju kesiapan Akreditasi sangatlah dibutuhkan, tidak lupa kita harus bisa memotivasi diri sendiri mencoba memenuhi Standar Nasional Perpustakaan. Segala sesuatu tanpa rupiah memang tidak mudah tapi kemudahan tidak harus dengan rupiah.

Sehubungan dengan acara Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi” terdapat beberapa nara sumberuntuk memberikan materi, Materi pertama tentang Kiat Sukses Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi Sesuai Standar Nasional Perpustakaan yang disampaikan oleh Sekretaris Jendral FPPTI Pusat yakni Bapak Amirul Ulum yang menjelaskan bahwa Peran Pimpinan dalm memberikan dukungan untuk perbaikan SDM dan infrastruktur serta memperhatikan kebutuhan pengembangan koleksi dan budaya membuka Link – Link Perpusnas, E- Resource dll adalah hal yang sangat penting dalam memberikan impact terhadap pencarian informasi online secara gratis juga untuk  Penelitian yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi serta mampu memberikan kemudahan dalam proses meneliti dimana ada anggapan Penelitian dianggap sulit. Selanjutnya Materi Kemas Ulang Informasi yang disampaikan oleh beberapa naras umber antara lain Bapak Andri Yanto, S.Sos., M.I.Kom dan Tim P3SMPT Perpusnas RI dalam hal ini inti dari materi Kemas Ulang Informasi adalah sama yakni  menyampaikan bahwa Perpustakan Perguruan Tinggi yang memiliki Teknologi internal harus diupdate, gunakan teknologi yang mudah difahami , mencari pokok standar metadata yang benar yang bisa di copy, menggunakan teknologi dan pelayanan yang lebih cepat, cerdas dan efektif supaya lebih banyak interaksi dengan pemustaka.Segala data yang dianggap penting wajib disimpan di Repository.