IAI Al-Qolam, PKLI Filantropi Keagamaan Dan Resolusi Kedaulatan Pangan

LP3M – Menggenapi tridarma kampus; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat, IAI al-Qolam menyusun konsep PKLI (Praktik Kerja Lapangan Integratif). PPL dan KKN yang diintegrasikan menjadi jembatan mahasiswa/I dalam menumbuh – kembangkan potensi pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam kondisi pandemic-19 yang – sampai hari ini masih menjadi problem masyarakat luas.

Tema “filantropi” diambil sebagai usaha mencari solusi alternative kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan menjadi masalah yang sangat urgen di dalam masyarakat. Hal ini tentu mempengaruhi perubahan sosial, ekonomi bahkan cara pandang yang ada di masyarakat. Tema Filantropi kemudian disandingkan dengan idiom “Keagamaan”. Di mana substansi agama yang – dalam hal ini diwakili oleh tempat-tempat peribadatan perlu tampil berpartisipasi menyelesaikan problem di masa pandemi ini.

IAI al-Qolam sebagai institusi memiliki lembaga pengembangan dan riset yang menjadi ujung tombak perpanjangan pengabdian masyarakat; LP3M. Sehingga rumusan LP3M terkait konsep PKLI berbasis “filantropi keagamaan” menjadi perlu untuk ditindaklanjuti sebagai program pengabdian masyarakat.

Oleh karenanya LP3M dengan pimpinan, dekan dan prodi di IAI al-Qolam melaksanakan rapat terkait penegasan konsep PKLI ke depan. Dan akhirnya diputuskan tema di atas sebagai prinsip dasar pengabdian masyarakat.

Prinsip dasar yang dibangun dalam PKLI di antaranya; a). Peran mahasiswa di daerah masing-masing, b). Mahasiswa sebagai agen of change, c). Temuan dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa menjadi acuan pengembangan kampus dalam membangun solusi, baik masalah yang berkembang atau yang akan datang, d). Mahasiswa sebagai perpanjangan tangan kampus dalam menginternalisasi pengetahuan yang diperoleh di kampus, dan e). Menumbuh – wujudkan kesadaran masyarakat bahwa filantropi keagamaan; masjid, mushola, majlis-majlis dan perkumpulan keagamaan yang lain adalah ruang internalisasi nilai keagamaan yang tidak hanya bersifat I’tiqady tetapi juga bersifat dinamis.

Oleh karenanya dalam rapat, atau lebih tepatnya sosialisai konsep PKLI yang dilaksanakan LP3M di Ganjar pada 28/8/2020 dipertegas bahwa PKLI IAI al-Qolam berbasis filantropi keagamaan menjadi pilihan PKLI tahun akademik 2020/2021. Pelaksanaan PKLI akan dimulai pada bulan Oktober, setelah workshop DPL dan sosialisasi kepada mahasiswa di bulan September.

Harapan yang ingin dicapai adalah kehadiran kampus dan lembaga-lembaga keagamaan dalam membangun pola pikir kemaslahatan umat, serta menemukan solusi terkait atas problem-problem umat yang dihadapi. []

Silahkan di share Ke... ?

Leave a Reply