Dosen Universitas Al-Qolam Malang Terima Pin dan Sertifikat dari Lemhannas RI

Malang, Selasa 26 Maret 2024 – Dosen Universitas Al-Qolam Malang, Badrul Arifin, M.Pd.I menerima pin dan sertifikat dari Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Staf pengajar yang juga sekretaris PMB itu merupakan salah satu peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seluruh rangkaian Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (TOT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 20-29 Februari 2024.

Kegiatan TOT tersebut digelar berdasarkan Surat Perintah Plt. Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Nomor: SPRIN/232/II/2024 Tentang Penunjukan Peserta Training of Trainers (TOT). Dari 1.221 pendaftar di seluruh wilayah Indonesia, sebanyak 177 orang dinyatakan terpilih menjadi peserta TOT angkatan pertama tahun 2024. berikut bukti salinan dari lembar daftar peserta terpilih tersebut.

Adapun tema yang diangkat adalah “Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa Guna Memelihara dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara.”

Ada tiga tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Pertama, peserta memahami nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa. Kedua, peserta mampu meningkatkan moral dan etika sebagai manusia pembangunan indonesia yang bertanggungjawab terhadap implementasi nilai-nilai kebangsaan, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka tercapainya cita-cita nasional dan tujuan nasional. Ketiga, peserta mampu mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan ke dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak hidupnya sehari-hari, dalam rangka pembentukan kepribadian ke-Indonesia-an masyarakat indonesia, khususnya peserta didik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan non-formal dan pendidikan informal.

Pada saat pembukaan, Plt. Gubernur Lemhannas RI, Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah dalam sambutannya mengatakan, “Setelah Para Trainers memahami dengan baik Wawasan Kebangsaan dan Paradigma Nasional harus memiliki landasan yang kuat dalam menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai pendidik. Dengan pemahaman yang mendalam tentang Nilai-Nilai Kebangsaan, Bapak/Ibu mampu mengarahkan menuju arah yang sejalan dengan visi dan misi bangsa. Melalui kesadaran akan Wawasan Nusantara,
Ketahanan Nasional, dan Kewaspadaan Nasional, Bapak/Ibu menjadi garda
terdepan dalam memperkuat kedaulatan negara, memajukan kesejahteraan rakyat,
dan menjaga stabilitas keamanan. Dengan demikian, para pelaku agen perubahan yang berkomitmen pada Wawasan Kebangsaan dan Paradigma Nasional merupakan tulang punggung bagi kemajuan dan keberlanjutan Bangsa Indonesia.”

Secara umum, pelaksanaan kegiatan pelatihan ini sesuai dengan kurikulum yang telah direncanakan dan berjalan dengan baik serta bermanfaat bagi seluruh peserta. Dari 177 orang peserta yang mengikuti TOT ini, sebanyak 169 memenuhi syarat untuk dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat dan pin dari Lemhanas RI.

Penulis : Armanda Prastiyan Pratama

Editor    : Muhammad Ulil Albab