IAI AL QOLAM MALANG “MENUJU” UNIVERSITAS AL QOLAM

Malang, 6 Desember 2023 BAN-PT melakukan asesmen lapangan terkait dengan alih status perguruan tinggi. Kegiatan tersebut dilabeli dengan istilah ALAIPT (Asesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi) yang merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh panel asesor BAN-PT terhadap kelayakan dan mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria dan standar yang telah ditetapkan. Asesmen lapangan dilakukan setelah perguruan tinggi memenuhi persyaratan evaluasi kecukupan data dan informasi yang diajukan kepada BAN-PT. Asesmen lapangan meliputi 11 aspek, yaitu: 1) pendidikan, 2) pengembangan suasana akademik dan otonomi keilmuan, 3) kemahasiswaan, 4) sumber daya manusia, 5) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama, 6) sumber daya keuangan, 7) sarana dan prasarana, 8) sistem penjaminan mutu internal, 9) tata pamong, tata kelola, dan kerjasama, 10) luaran dan dampak, dan 11) inovasi3. Hasil asesmen lapangan digunakan untuk menetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi perguruan tinggi. Status akreditasi dan peringkat terakreditasi berlaku selama 5 (lima) tahun.

Sejak tahun 2021 IAI Al-Qolam Malang mengajukan perencanaan untuk perubahan alih bentuk kemudian memetakan potensi-potensi dan kekurangan-kekurangan, salah satunya yakni IAI Al-Qolam Malang harus menambah program studi sebagaimana yang telah kami realisasikan. kemudian kami meningkatkan SDM seperti menentukan jumlah dosen jumlah rector dan memberikan jabatan kepada dosen yang belum memiliki jabatan. Setelah melewati proses yang panjang seperti pendaftaran, menyiapkan berkas-berkas dan sebagainya lalu kami dinilai oleh kopertais sesuai dokumen dan berkas-berkas yang kita ajukan kepada Diktis Kemenag untuk menentukan apakah kami cukup layak atau tidak.

Setelah ditinjau secara prosedural dan dinilai sudah cukup, maka dilakukanlah asesmen lapangan yakni pengecekan lapangan apakah sesuai dengan lampiran dokumen yang kami berikan. Secara garis beras kita sudah memenuhi semua persyaratan tinggal menunggu hasil rapat dari diktis. Beberapa hal pengecekan yang dilakukan oleh kopertais 4 wilayah Surabaya diantaranya yaitu visi misi, SDM (jumlah mahasiswa, dosen) infrastruktur, perpustakaan, ruang perkuliahan, ruang dosen, luas tanah, dll. Asesmen ini bertempat di kampus IAI Al-Qolam yang mana dihadiri oleh Yayasan, Prof. Imam Suprayogo, Gus Fahrur, Prof. Fauzan, KH. Hanan, Pak Jazari, dan segenap civitas akademika IAI Al-Qolam Malang. Untuk hasil dari asesmen lapangan sudah selesai. Namun masih ada beberapa berkas yang harus dilampirkan Kembali lalu tinggal menunggu rapat yang dikemenag dan diperkirakan hasilnya akan keluar bulan Desember.