Kapolsek dan Camat Gondanglegi Melakukan Kunjungan ke IAI Al Qolam Malang

Kapolsek Gondanglegi, Kompol Nyoto Gelar, S.Psi dan Camat Gondanglegi Drs. AHMAD MUWASSI ARIF, M. Si melakukan kunjungan ke kampus IAI ALQOLAM MALANG, ditemui oleh Achmad Beadie Busyroel Basyar, M.Pd.I, Warek I IAI Al-Qolam.

(Foto: Wakil Rektor 1 Al Qolam bersama Kapolsek dan Camat Gondanglegi)
(Foto: Wakil Rektor 1 Al Qolam bersama Kapolsek dan Camat Gondanglegi)

Kunjungan ini untuk silaturrahmi dan membicarakan sinergitas untuk kemanfaatan masyarakat, khususnya di Gondanglegi. Kompol Nyoto Gelar juga mengharapkan Civitas Akademika IAI Al-Qolam turut menyampaikan pemilu damai.

Menurut pak Muwassi Arif, sinergitas antara pemerintah dan akademisi dapat memperkuat pemberdayaan desa. Misal program pemberdayaan BUMDES yang bermitra dengan masyarakat setempat. Kerjasama dengan pihak akademisi IAI Al-Qolam dapat memperkuat pemberdayaan tersebut.

Nyoto Gelar menjelaskan tentang Program Jumat Curhat, Dimana program ini bertujuan memberi masyarakat menyampaikan aspirasi mereka pada Muspika Gondanglegi. Dengan program ini, aspirasi dan keluhan masyarakat dapat ditangkap lebih mendalam, sehingga Solusi dapat dihadirkan lebih cepat dan tepat.

Kedatangan Kapolsek dan Camat tersebut disambut oleh Wakil Rektor 1 IAI Al Qolam Malang, Ahmad Beadie Busyiroel Basyar, M.Pd.I. atau yang akrab disapa Gus Bedi. Gus Bedi menceritakan tentang Indeks Desa Maslahah (IDM), yaitu alat ukur kemaslahatan suatu desa. “Indeks ini seperti rapor kemaslahatan desa, dengan alat ukur yang lebih holistic, karena juga mencakup aspek agama, pendidikan, dan lingkungan.” Harapannya IDM ini menjadi salah satu landasan data dalam kebijakan public, khususnya terkait desa.