“Manajemen IAI Al-Qolam Patut Ditiru” Study Banding STAI Sidogiri Pasuruan di IAI Al Qolam Malang

MALANG – , Pada hari rabu tanggal 10 Januari 2024 di kampus IAI Al Qolam terselenggara kunjungan dan study banding dari STAI Sidogiri Pasuruan. Hadir di acara tersebut KH. Khobir Khozin, M.Pd.I beserta jajarannya mewakili STAI Sidogiri. Selanjutnya, Para tamu dari STAI Sidogiri tersebut disambut hangat oleh Gus Biedi Busyirol Basyar, M.Pd.I selaku wakil rektor I dan KH. Muhammad Hasbullah Huda, M.Ag selaku wakil rektor II  IAI Al Qolam Malang.

Acara study banding dengan agenda peninjauan dan pelatihan terkait manajemen akademik, keuangan, kelembagaan, sistem SIAKAD yang terkoneksi dengan Vitual Account (VA), serta kurikulum berbasis pesantren yang diterapkan IAI Al Qolam Malang.

Khobir Khozin, M.Pd.I selaku perwakilan STAI Sidogiri menjelaskan bahwa Manajemen IAI Al-Qolam dalam akademik, keuangan, dan kelembagaan menjadi inspirasi bagi STAI Sidogiri. Dalam pengelolaan keuangan berbasis teknologi yang terkoneksi dengan SIAKAD memberikan kemudahan, baik untuk pengelola, mahasiswa, bahkan Yayasannya.

“SIAKAD yang terkoneksi dengan Virtual Account (VA) ini bagus, karena mempercepat proses akuntansinya, soalnya semua diatur sistem secara otomatis. Kami (STAI Sidogiri) tertarik untuk mengembangkan hal itu juga.” ungkap Kiai Khobir saat menjadi pembicara pada  pada Rabu (10/01/2024).

Masih menurut Kiai Khobir, Terkait dengan manajemen akademik, khususnya kurikulum, IAI Al-Qolam juga tepat dijadikan rujukan, khususnya bagi PTKIS seperti STAI Sidogiri. Itu karena kurikulumnya dapat menggabungkan nilai pesantren dan tuntutan keilmuan akademik, serta telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  .

“Untuk perguruan tinggi yang berbasis pesantren, asimilasi nilai luhur pesantren dalam kurikulum itu tidak mudah. Kami (STAI Sidogiri) banyak mendapatkan masukan dengan datang ke IAI Al-Qolam ini.” tegasnya.