Penandatanganan MOU Universitas Al-Qolam Malang dan PCNU Kab. Malang untuk Program Mengentaskan Kemiskinan

Hari ini, pada tanggal 27 Februari 2024, sebuah tonggak sejarah dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Malang telah dicapai. Universitas Al-Qolam Malang dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dalam sebuah acara yang diselenggarakan di ruang rapat Universitas Al-Qolam Malang.

Acara tersebut merupakan bagian dari program yang diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Al-Qolam Malang, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inisiatif yang berkelanjutan.

Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH. Hamim Kholili, menyampaikan dukungan dan apresiasi yang besar terhadap program tersebut, beliau mengatakan, “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi program ini karena memiliki kesamaan visi dan misi dengan PCNU Kabupaten Malang untuk meningkatkan kemaslahatan masyarakat.”

Rektor Universitas Al-Qolam Malang, Dr.KH. Muhammad Adib, M.A, dan Ketua LP3M, Ahmad Atho’ Lukman Hakim, S.Ag, M.Sc, turut memberikan penjelasan singkat tentang program tersebut. Dr.KH. Muhammad Adib, M.A menyatakan, “Kami merasa sangat bersyukur atas disetujuinya MOU ini oleh pihak PCNU Kabupaten Malang. Ini adalah langkah penting dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah ini.”

Program ini akan menitikberatkan pada penggunaan Indeks Desa Maslahat (IDM) dan Indeks Keluarga Maslahah (IKM) sebagai acuan dalam menjalankannya. Hal ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang komprehensif tentang kondisi masyarakat dan memungkinkan adopsi strategi yang tepat guna dalam penanggulangan kemiskinan.

Sebagai contoh keberhasilan program ini, beberapa desa telah berhasil dibina dan bahkan menjadi desa binaan, antara lain Desa Ampelgading, Kepatihan, Tamansatriyan, dan Sumbertangkil dari Kecamatan Tirtoyudo. Selain itu, dua desa lain dari Kecamatan Wajak, yaitu Desa Bambang dan Desa Kidangbang, juga telah merasakan manfaat dari program ini.

Dengan penandatanganan MOU ini, diharapkan kerjasama antara Universitas Al-Qolam Malang, PCNU Kabupaten Malang, dan berbagai pihak terkait akan semakin kokoh dan memberikan dampak positif yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

Penulis  : M. Ulil Albab, S.H

Editor     : M. Ulil Albab, S.H