Penguatan Implementasi Manajemen Resiko Bersama UIN MALIKI

Bertepatan dengan hari Rabu, 21 Desmeber 2022, telah dilaksanakan acara Penguatan Implementasi Manajemen Resiko, yang berlangsung di Gedung Rektorat Lt 5 UIN Maulana Maluk Ibrahim Malang. Dihadiri oleh ibu Mariana Puspa Dewi, S.E., M.I.Kom., CRA., CRP. (RIMERA SERBIC), selaku salah satu pemegang sertifikat keahlian bidang Manajemen Resiko.

IAI Al-Qolam Malang, selaku kampus partner UIN Maulana Malaik Ibrahim Malang, diundang untuk ikut serta dalam acara yang berlangsung sepanjang hari ini.

Dalam pemaparannya, Ibu Mariana, menjelaskan secara gamblang tentang pentingnya implementasi manajemen resiko diperguruan tinggi untuk menjawab berbagai tantangan yang kemungkinan akan ditemui oleh semua lembaga, termasuk dunia perguruan tinggi.

Manajemen Resiko diperlukan sebagai salah satu bahan pertimbangan pengambil kebijakan pada suatu lembaga, sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai resiko yang pasti akan ditemui dalam perkembangan lembaga tersebut kedepan. Resiko ini, bukan untuk hilangkan, namun dikelola sedemikianrupa agar bisa menjadi sebuah keuntungan, atau paling tidak resiko dapat dikelola agar dampaknya menjadi minimalis.

Dalam perkembangan selanjutnya, standar manajemen resiko yang menjadi bagian dari standart ISO 30001:2018, akan mendukung proses terbentuknya Good University Governance, yang salah satunya akan mendukung proses menuju universitas unggul.