Rapat Senat Terbuka Universitas Al-Qolam Malang: Momentum Peluncuran Universitas Baru dan Wisuda Sarjana serta Pascasarjana Tahun 2024

Malang, 4 Mei 2024- Hari ini, Universitas Al-Qolam Malang menggelar acara bersejarah dalam sejarah pendidikan Indonesia dengan mengadakan Rapat Senat Terbuka yang dihadiri oleh ratusan tamu undangan, termasuk tokoh-tokoh akademisi, pemimpin masyarakat, dan wisudawan/wisudawati. Acara yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB ini bertempat di halaman megah Universitas Al-Qolam Malang, menandai peluncuran resmi Universitas Al-Qolam Malang serta prosesi wisuda untuk para sarjana dan pascasarjana semester ganjil tahun 2024.

Rapat Senat Terbuka ini menjadi simbol perjuangan panjang Universitas Al-Qolam Malang dalam mengangkat derajatnya menjadi sebuah universitas yang memiliki visi bereputasi internasional. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Al-Qolam Malang, Dr. KH. Muhammad Adib, M.Ag, dengan penuh semangat menyampaikan perjalanan panjang kampus tersebut. Beliau berkata, “Perjuangan kami tidaklah mudah. Namun, dengan tekad yang bulat dan kerja keras yang tak kenal lelah, kami berhasil mengubah impian menjadi kenyataan. Hari ini, kami dengan bangga meluncurkan Universitas Al-Qolam Malang sebagai pusat keunggulan pendidikan yang berkomitmen pada penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.”

Di sisi lain, Dr. H.M. Hasan Ubaidillah, S.Hi, M.Si selaku Sekretaris Kopertais IV Surabaya, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap capaian Universitas Al-Qolam Malang. Dalam sambutannya, Dr. Hanan menyatakan, “Kami turut berbangga atas pencapaian yang diraih Universitas Al-Qolam Malang dalam menghadirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat global. Capaian ini merupakan tonggak sejarah bagi pendidikan tinggi Indonesia Khususnya Kab. Malang, dan kami berharap Universitas Al-Qolam Malang akan terus menjadi pionir dalam mencetak generasi emas bangsa.”

Acara ini juga disemarakkan dengan persembahan dari Talent Paduan Suara dan penghargaan kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka dengan prestasi gemilang. Dengan demikian, Rapat Senat Terbuka Universitas Al-Qolam Malang menjadi momentum yang tak terlupakan dalam sejarah pendidikan Indonesia, menandai komitmen universitas ini untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Seiring redupnya sorot matahari di ufuk timur, para tamu undangan meninggalkan halaman Universitas Al-Qolam Malang dengan penuh harapan akan masa depan gemilang yang tengah digeluti oleh para lulusan baru serta peran penting Universitas Al-Qolam Malang dalam menatap masa depan pendidikan tinggi di Indonesia.

Penulis : Muhammad Ulil Albab, S.H

Editor    : Muhammad Ulil Albab, S.H