Review Kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Al-Qolam Malang: Respon Positif dan Saran Konstruktif dari Reviewer UIN Maliki Malang

 

Malang, 19 Maret 2024 – Acara review kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Al-Qolam Malang mendapat sorotan dari dua reviewer berpengalaman dari UIN Maliki Malang. Dalam sesi yang diadakan di dua lokasi berbeda, Reviewer Prodi Akuntansi Syariah, Fadlil Abdani, SE., M.A., CIFA, dan Reviewer Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Ikhsan Maksum, M.Sc, memberikan respons yang positif serta memberikan masukan konstruktif untuk perbaikan teknis.

Acara yang pertama berlangsung di Ruang Meeting Room Pascasarjana Universitas Al-Qolam Malang, di mana para pemangku kepentingan FEBI dan reviewer bersama-sama merumuskan evaluasi terhadap kurikulum yang telah dijalankan. Fadlil Abdani, SE., M.A., CIFA, mengapresiasi pendekatan interdisipliner yang diusung oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dalam menyusun kurikulum, “Pendekatan ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang holistik dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam.” Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan daya saing lulusan.

 

 

Sementara itu, di tempat lain, tepatnya di Meeting Room Rektor Universitas Al-Qolam Malang, Ikhsan Maksum, M.Sc, menambahkan, “Kurikulum yang dirancang telah memperhatikan aspek kebutuhan industri dan pasar, namun perlu ditingkatkan lagi dalam hal pengembangan soft skill mahasiswa seperti kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan.” Ikhsan juga menyoroti pentingnya kerjasama dengan stakeholder industri untuk menjamin relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja.

Dalam keseluruhan, kedua reviewer sepakat bahwa kurikulum FEBI telah mencapai standar yang baik namun tetap terbuka untuk perbaikan dan peningkatan. “Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh FEBI dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat,” ujar Fadlil Abdani, SE., M.A., CIFA, sambil menambahkan bahwa terus menerus melakukan evaluasi dan penyesuaian adalah kunci keberhasilan dalam menjaga kualitas pendidikan.

Acara review kurikulum ini menegaskan komitmen FEBI Universitas Al-Qolam Malang dalam memberikan pendidikan berkualitas yang relevan dengan tuntutan zaman dan kebutuhan industri, sekaligus menunjukkan kerjasama yang erat antara berbagai pihak terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

 

Penulis : Muhammad Ulil Albab

Editor    : Muhammad Ulil Albab