SEJUMLAH DOSEN IAI AL-QOLAM MALANG TERPILIH SEBAGAI PESERTA PKDP 2023

Malang- Sebanyak enam dosen Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang mengikuti In Service Course I Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023 di Harris Hotel and Convention, Malang mulai 14-16 Agustus 2023. Kegiatan tersebut diselanggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) PKDP 2023.

Enam dosen tersebut terdiri atas Abdurrohim, Hanif Maulaniam Sholah, Joko Wibowo, dan Badrul Arifin dari Fakultas Tarbiyah. Kemudian Ahmad Bukhori S. dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Lalu, Ahmad Muhtar Syarofi dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum.

PKDP merupakan program Kementerian Agama RI bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi serta meningkatkan pemahaman dan komitmen dosen pada nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama.

In Service Course I merupakan sesi pertama dari keseluruhan kegiatan PKDP. Sesi kedua adalah On The Job Course (OJC). Sesi ini akan berlangsung selama 52 hari atau 140 jam pelajaran (JP). Dan, In Service Course II merupakan sesi terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 21 Oktober 2023. Jadi totalnya 60 hari atau 200 JP.

Dikutip dari balitbangdiklat.kemenag.go.id, Kepala Badan Litbang dan Diklat, Prof. Suyitno dalam sambutannya menjelaskan, “Pelaksanaan Tri Dharma ini memerlukan kompetensi tinggi, tidak bisa biasa-biasa saja. Sedangkan real competency dosen ada yang higher, middle, dan lower. Inilah yang menjadi asbabul wurud mengapa pentingnya ada PKDP.”

Prof. Dr. HM, Zainuddin, MA di sela-sela stadium general mengingatkan kepada peserta PTP UIN Maulana Malik Ibrahim bahwa, menjadi seorang dosen adalah suatu kehormatan dan tanggung jawab yang besar. Tidak semua dosen mendapatkan kesempatan menjadi peserta PKDP. “Tanggung jawab seorang dosen selain Tridharma Perguruan Tinggi adalah memberikan keteladanan yang baik dalam segi pendidikan dan peran sosial,” imbuhnya.

Secara terpisah, Dr. KH. Muhammad Adib, M.Ag. selaku Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang menegaskan, semua peserta diharapkan mengikuti seluruh rangkaian PKDP dengan sebaik-baiknya dan lulus dengan nilai maksimal.